Dulu saya ingat, entah itu kapan, sepertinya 9 atau 10 tahun lalu, tak tahu itu bulan apa dan hari apa, saya melihat trailer game Final Fantasy Versus XIII dan tercengang “Waaaa gilaa keren banget!” begitulah expresi saya sambil melotot. Saya nonton itu dengan teman saya (yang saya tidak ingat dia siapa, sebut saja namanya Subur) tapi setelah menonton trailer itu kami berbincang-bincang tentang game ini dengan seru sekali, penuh dengan antusias dan eskpektasi.

Dan….

1 tahun berlalu

Tak ada kabar mengenai game ini…

2 tahun berlalu…

Mulai bertanya-tanya dalam kehampaan…

3 tahun berlalu…

Sering sekali melihat teriakan-teriakan berbentuk tulisan di forum-forum dan website game tentang FF Versus XIII…

5 Tahun berlalu…

Subur menghilang dan terlupakan…

7 tahun berlalu…

beberapa tahun itu saya sibuk dengan puluhan game lain…

dan…

Present Day

Ya! finally game ini rilis di tanggal 29 November 2016. Kurang lebih 10 tahun semenjak trailer pertama muncul di internet, banyak hal terjadi dalam 10 tahun itu, yaitu berita pembatalan game, console PS4 rilis, berita mengejutkan kalau game ini sebenarnya masih dalam development, pengumuman pergantian nama Final Fantasy Versus XIII menjadi Final Fantasy XV, pengubahan playable character, gameplay baru, bahkan story pun diubah, Stella diganti menjadi Lunafreya daaaaan lain-lain.Ditambah saya masih tak ingat Subur itu siapa.

final_fantasy_xv_logo
Please welcome FINAL FANTASY XV

Tapi semua itu sudah berlalu, yang paling penting adalah game ini terealisasi dalam bentuk nyata dan berhasil saya mainkan di PS4 dengan sukses *BGM: Victory fanfare

Oke sekarang kita bahas gameplaynya yaaa~

Gameplay in General

(Battle, Weapons, Magic, Summon, Items)

Hal yang paling membuat saya antusias adalah gameplay dengan konsep fast paced action RPG dan control yang smooth.Battle di FFXV menurut saya sangat menarik karena saya bisa mengganti senjata/Magic kapanpun saya mau dan bisa warp dalam jangkauan yang jauh, sehingga saya tak perlu melakukan gerakan-gerakan yang tidak menguntungkan dalam battle. Setiap senjata pun mempunyai animasi yang berbeda yang bisa menguntungkan atau membahayakan tergantung kondisi. Magic bisa dibilang sangat powerful tetapi lagi-lagi bisa membahayakan party member yang lain, saya menganggap magic di game ini sebagai Bomb/Grenade apabila di game shooter macam Call of Duty atau Battlefield.

final-fantasy-xv_20170102022203

Teamwork dalam battle juga sangat menakjubkan, Link Attack akan secara konstan teraktivasi apabila ada party member didekat anda, animasi gerakan-gerakannya sangat keren dan tak akan bosan dilihat terus-terusan (saya suka spontan teriak “ow yeah! thats cool yo!” setiap melakukan link attack), favorit saya X-Strike kombinasi Noctis dan Ignis.

Kita juga bisa memberikan perintah serangan kepada party member lain, dalam game ini disebut Technique. Untuk menggunakan Technique  dibutuhkan  Tech Bar (maximal 3 Bar), Tech-Bar akan selalu terakumulasi dalam battle. Setiap party member mempunyai Technique yang berbeda, Gladio fokus di serangan dan defense, Ignis mempunyai magic dan recovery, Prompto bisa mendebuff musuh…dan memotret musuh, yup motret….iya saya tahu, skill ini sama sekali tak berguna selain untuk fun hahaha (WARNING: Prompto mempunyai persentase KO terbanyak dalam battle,  karena dia suka terpeleset dan memotret disaat-saat genting, tapi, ya itulah Prompto :P). Technique juga bisa digunakan untuk menyelamatkan diri, karena setiap kita menggunakan technique, anda dan party members yang terlibat akan “kebal” selama animasi Technique terjadi, saya sering memanggil Prompto saat dia sekarat supaya tak jadi KO, hahaha.

Oh iya, kita juga bisa mendapatkan banyak ability baru untuk party members yang bisa diperoleh melalui Ascension menu, setiap ability membutuhkan jumlah AP yang berbeda, AP bisa kita dapatkan melalui battle, story, quest, explorasi dan lain-lain. Semakin kuat ability yang diinginkan maka semakin banyak AP yang dibutuhkan, bahkan ada yang sampai 999 AP, saya sampai menghela nafas melihatnya.  Jadi, gunakanlah AP dengan bijak, karena mendapatkan AP tidak semudah kita level up.

Kita kesampingkan masalah AP, Well, sebagai keturunan raja-raja Lucis, Noctis akan diberkahi”Royal Arms”. Dalam story, Noctis akan mendapatkan senjata khusus dengan banyak bentuk dan animasi berbeda, spesifik untuk Royal Arms. Sayangnya efek menggunakan Royal Arms selalu mengurangi HP anda di setiap ayunan. Senjata-senjata ini sangat keren, tetapi sangat berbahaya untuk digunakan. Tapi setahu saya, stats yang diberikan senjata ini tetap efektif selama anda pakai di weapon slot walaupun tak digunakan untuk menyerang. selain itu, dalam proses story, Noctis akan mempunyai minimal 4 Royal Arms, dan saat itu ada ability serangan baru bernama “Armiger”, anggaplah ini Trance Mode. Saat Armiger teraktivasi, anda tidak akan stagger atau terpental oleh serangan musuh, serangan anda pun akan menjadi sangat cepat, bukan cuma itu saja, untuk final attacks anda bisa mengaktivasi Armiger-Chain, bisa dibilang ini adalah Limit Break Noctis, salah satu serangan terhebat di game ini, nanti anda coba saja sendiri. Yang saya sayangkan, sampai detik saya menulis artikel ini, game ini belum menyediakan accesory yang nullify HP depleting for using Royal Arms. saya harap mereka akan memberikan accesory itu di patch selanjutnya.

final-fantasy-xv_20170101221444
13 Royal Arms to collect

Sebelum saya membahas lebih jauh, saya akan memberi informasi bahwa Final Fantasy XV diciptakan bukan cuma untuk veteran gamers, tetapi juga untuk first timers. Jadi saya memaklumkan betapa banyak kemudahan/bantuan yang di implementasi dalam battle game ini.

Kemudahan dan bantuan yang saya maksud adalah dalam hal pertahanan dan pemulihan karakter. Dalam battle, defend bisa dilakukan hanya dengan menahan satu tombol, ya, hanya dengan menahan 1 tombol anda secara otomatis akan terhindar dari hampir semua serangan musuh, selama posisi anda memungkinkan, tetapi defend akan menguras  MP anda, apabila MP habis, maka anda bisa recover MP dengan cara berlindung dan quick rest di warp point. Hampir setiap battle tersedia warp point, anda cukup melihat icon warp point dilayar dan tahan tombol warp, dalam sedetik-dua detik maka 100% MP akan pulih. Penggunaan Items dalam game ini juga sangat mudah, dalam 95% kondisi battle apapun, anda bisa membuka item menu dan mengkonsumsi items macam Potions, Hi-Potions, Megalixir, Phoenix  Down tanpa batasan. bahkan bila semua party members KO, Noctis masih bisa menggunakan Mega-Phoenix untuk full recovery ke semua party members. Jadi tenang aja, anda tidak akan game over selama masih ada persediaan recovery items. Tapi, ada 1 dungeon yang melarang anda menggunakan items, dimana anda harus menyelesaikan khusus dengan keahlian anda, jujur saja, saya merasa sangat tertantang untuk menyelesaikan dungeon itu, sayangnya sampai saat ini cuma ada 1, saya harap development team mengeluarkan 100 lagi hard dungeon dengan items restriction, hahaha

Para penggemar Final Fantasy pasti kenal yang namanya Ifrit, Shiva, Ramuh, Bahamut dan lain-lain. Tentu saja mereka pun hadir di game ini sebagai Makhluk yang sangat kuat, benar-benar bagaikan dewa. Seiring berjalannya story, mereka akan membantu anda dalam battle. Ya, mereka bisa membunuh semua lawan kita dalam sekejap. Biasanya mereka akan muncul saat Noctis dan teman-teman dalam bahaya atau apabila battle berjalan terlalu lama, tetapi itu tetap keputusan anda untuk menerima bantuan mereka atau tidak. Animasi summon sangat ajaib di game ini, seringkali membuat saya tercengang, ditambah musik yang terdengar epic. Lucunya, kita tak bisa memanggil secara spesifik siapa yang akan membantu kita, tergantung kondisi dan lokasi, mungkin Titan yang akan datang, selanjutnya Kakek Ramuh, suka-suka mereka saja. Intinya mereka ada untuk membantu kita dan mempermudah battle. Sebagai pencinta tantangan dalam game, saya harap suatu saat ada content tambahan untuk melawan para summon ini secara fair, hahaha

ffxv_afrojack_trailer_ramuh
Judgement Bolt

Kurang lebih itulah bantuan-bantuan yang kita bisa dapatkan untuk memudahkan perjalanan kita dalam game. Jadi apabila anda gamer yang tidak suka game-game sulit, game ini dijamin bisa anda nikmati, sebaliknya untuk gamer veteran, anda bisa menantang diri anda untuk tidak menggunakan fitur-fitur kemudahan game ini, contohnya use No items, No Summon dan No Exp (dengan menggunakan Nixperience Band Accesory via Free Holiday Pack DLC), tak ada yang melarang anda untuk bermain dengan cara ini. Oke, kita lanjut ke bahasan berikutnya.

Story and The Journey with my Friends

(Characters, Cutscene, Exploration, Side Quests, Food and Camp)final-fantasy-xv_20161212163528

Cerita FFXV dimulai dari keberangkatan Pangeran Noctis dan teman-teman untuk bertemu sang mempelai wanitanya yang bernama Lunafreya di Altissia. Tapi…..tiba-tiba mobilnya…….mogok.

Oke, cukup sampai situ story yang bisa saya ceritakan, karena ada baiknya anda menikmati sendiri tanpa kena spoiler (untuk para pencinta spoiler, saya yakin anda sudah melihat itu di semua sosial media).Well,  secara keseluruhan, story di game ini sangat pendek, bisa anda selesaikan dalam kurang lebih 20 jam. Eits! jangan kecewa dulu, gini ya, menurut saya pribadi, game ini point kuatnya bukan di story, tetapi di 4 karakter favorit kita ini. Ya, game ini menurut saya bukan cerita tentang cinta-cintaan sang pangeran dan perang-perangan kerajaan yang bisa anda dapatkan di ribuan game, TV atau novel yang tersedia ditoko buku terdekat. Saya mengerti kalau development team FFXV mengubah  game ini kearah berbeda, menurut saya FFXV yang terealisasi adalah tentang perjalanan Noctis, Ignis, Gladiolus dan Prompto. The Brotherhood. Friendship and Loyalty.

Sekarang saya akan menceritakan game ini disudut pandang pertama saya, berdasarkan pengalaman dan perasaan saya sendiri.

Dalam game, saya menemukan side quests, dimulai dari hunt, mencarikan barang-barang yang hilang, memancing, mencari kodok, menjepret foto landscape dan sampai mencari peta harta karun.Ya, beberapa hal terasa begitu sepele kan? Tapi semua itu terbayar dengan betapa menyenangkannya proses perjalanan mencapai tempat-tempat yang dituju. Game ini memberikan nyawa kepada karakter-karakter dalam game, sehingga saya merasa ikut didalam game bersama mereka. Saya menghabiskan waktu di game mengendarai mobil dan chocobo, karena setiap quest biasanya mengejutkan saya dengan lokasi-lokasi yang fantastik. Dari yang tugasnya cuma mengambil kaleng cat sampai akhirnya harus masuk ke dalam dungeon sewer gelap yang menantang, bahkan setiap saya bersama Noctis dan teman-teman memasuki area baru, mereka berempat pun juga sadar bahwa mereka tak tahu apa yang didepan mereka, semua itu terlihat, terdengar dan terasa dari cara mereka berjalan perlahan-lahan, berkomentar tentang keadaan sekitar, teriak panik (terutama Prompto, hahaha) saat kemunculan banyak musuh yang mendadak dan tercengang melihat pemandangan-pemandangan luar biasa. Saya pribadi merasakan petualangan yang begitu menyenangkan setiap memasuki dungeon baru, dan sebagian besar bisa ditemukan melalui side quest atau sekedar nyasar. Bahkan di awal-awal game saya merasa betapa mengerikannya melalukan perjalanan di malam hari, saya sempat cuek dengan peringatan Ignis untuk melanjutkan perjalan saat matahari terbit, mengakibatkan saya diserang Daemons sampai kabur terbirit-birit hampir kehabisan stock items, “What a bloody night” kata saya dalam hati, hehehe.

final-fantasy-xv_20161214030351

Hari demi hari saya lalui sambil mendengarkan perbincangan Noctis dan kawan-kawan yang lively. Apabila matahari mulai terbenam saat perjalanan, saya memutuskan mencari tempat camping terdekat. Dan Ignis akan memasak untuk kita semua, makanannya akan memberikan bonus stats kepada semua party members, saya biasanya minta Ignis membuat makanan yang terlihat enak dan statsnya bagus juga bahan-bahannya mudah didapat.Kadang juga saya tidak sengaja minta Ignis membuat makanan favoritnya Prompto, lalu tiba-tiba muncul event Tour Camp, yaitu quest pribadi tiap member bersama Noctis, feelingnya seperti ini: “Yo man, besok pagi bantuin gw donk, gw mau diem-diem ambil foto si Cindy dari atas tebing, anterin gw yak, plis donk plis” hahaha. Dan sempat juga Gladio minta bantuan Noctis untuk mencari bunga demi adiknya. Dan Ignis biasanya minta bantu memasak, tiba-tiba FFXV menjadi cooking game. Setiap member punya hobi masing-masing yang di kategorikan sebagai Skills pribadi mereka. Gladio suka loot drop dari musuh dengan tujuan survival, Ignis suka masak, Prompto suka fotografi dan Noctis suka memancing.

final-fantasy-xv_20161217144123

Saya suka sekali mini-game fishing di game ini, saya dulu ketagihan memancing di game Breath of Fire IV PSone dan menurut saya rasanya sebanding dengan fishing di FFXV. Walaupun saya suka kesal dengan Prompto karena dia sering teriak panik saat line fishing saya mau putus dan karena saya kaget jadinya linenya benar-benar putus, hahaha. Bukan cuma itu saja, Gladio juga suka komentar sarkas saat Noctis dapat ikan-ikan yang kecil, cuma Ignis saja yang tenang dan kalem.

Kota-kota yang saya hampiri di game ini terasa sekali didesain dari budaya dunia nyata, terutama Altissia, kota ini jelas sekali terinspirasi dari kota Venisia, Italy, terlihat dari bangunan dan gondola yang terlihat disekeliling kota. Membuat saya merasa jalan-jalan ke Venisia langsung, ya, maksudnya dalam mimpi, hehehe

Overall Feeling

(My experience playing this game)

Banyak sekali hal-hal yang tak terlupakan yang saya dapatkan di game ini, dimulai dari animasi battle yang sangat dahsyat, dulunya saya hanya bisa melihat battle macam FFXV melalui cutscene, tapi FFXV sebagian besar kita lakukan secara realtime, bisa dibilang cutscene di FFXV lebih sedikit dibanding FF series sebelumnya. Saya juga tak akan lupa moment-moment yang membuat saya tertawa bersama mereka, seperti yang saya bilang sebelumnya, game ini berhasil membuat para karakter ini hidup, seakan mereka punya jiwa didalam monitor TV (atau monitor lainnya), bisa dilihat dari ekpresi wajah, gerakan mereka dan juga voice aktor mereka yang menurut saya bekerja secara sempurna, saya memainkan game ini dengan english voice karena saya tidak bisa menerjemahkan langsung kata-kata spontan mereka bila menggunakan bahasa jepang, appresiasi hidup ini saya tujukan kepada para english voice aktor. Saya mungkin akan main ulang dengan voice aktor jepang nanti apabila ada waktu. Tapi saya akan bertanya dalam diri saya, apa mereka itu akan tetap menjadi orang-orang yang sama, yang saya kenal? Tapi biarlah itu menjadi pikiran saya pribadi. Ah, Saya juga cenderung memilih Ignis untuk menyetir mobil secara otomatis, dimana saat itu game saya tinggalkan untuk bekerja,mendengar musik OST FF lama, membaca buku, makan atau kegiatan sehari-hari lainnya didunia nyata dan saya kembali ke game setelah mendengar mereka telah sampai tempat tujuan, menurut saya itu sangat convenient.

Well, intinya saya sangat menikmati game ini dan sangat puas. Oh anyway, saya memainkan game ini secara 90% murni jauh dari influence media, yaitu, saya dalam waktu yang lama secara sengaja melewatkan banyak trailer-trailer gameplay (ya, saya melupakan  semua trailer-trailer lama), first 60 minutes gameplay dan berbagai macam teaser lainnya. Saya juga dapat game ini 2 hari lebih cepat dari global release date dan memainkannya dengan tenang sendiri demi mendapatkan esensi murni dari game ini sehingga saya bisa merasakan inti hasil nyata yang diberikan developer kepada gamer seperti saya.

Iya, saya tahu banyak sekali keluhan-keluhan dimana-mana tentang game ini, tapi saya tidak akan membahas hal itu, karena saya disini untuk apresiasi.

final-fantasy-xv_20161223223714
Thank you Square-Enix for realized this game. Especially Hajime Tabata and Yoko Shimomura, of course to the rest of the team too.

Tips from Sevenifity:

Seperti yang saya bilang tadi, cerita di game ini pendek, karena kita di era dimana digital media mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita. Jadi, game ini terpecah di berbagai media, ya, semua demi promosi. Well, Saya sarankan menonton Kingsglaive FFXV sebelum memainkan game ini, karena movie itu akan melengkapi event penting di chapter 1. Juga tontonlah Brotherhood FFXV untuk mengenal Noctis dan teman-teman lebih jauh, tersedia di PSN Store media, juga Youtube, sepertinya di XboxLive juga ada, tapi saya belum cek. Untuk kalian yang suka membaca, ada juga novel Departure mereka, saya pribadi berpendapat itu cukup bagus dan sedikit emosional, kalian bisa google novel itu nanti bila berminat. Jangan dengar soundtrack game ini bila belum main gamenya, lebih baik kalian mendengarkan musiknya secara langsung saat memainkan gamenya, akan tercipta unsur memorable yang berharga dikemudian hari, karena Musik di game ini benar-benar masterpiece, Yoko Shimomura mencurahkan jiwanya saat menciptakan musik-musik ini. Use headset while playing the game, and Last, just enjoy the game.

Too Much But Never Enough?
Yup, its never enough for me. Saya masih menginginkan lebih banyak dari game ini. Saya ingin implementasi expert/critical difficulty dengan pengubahan items limit, manual evading dan strict counter attack timing, ini untuk menambah rasa thrill saya saat battle. Penambahan lokasi eksplorasi dan dungeons. Tambahan playable characters (Informasi yang saya dapat, Cor, Aranea dan Iris akan playable via DLC), penambahan ending. Dan apapun selama game ini bisa terus dimainkan.
Leave a Reply

